Tuesday, March 10, 2015

[PTI] Internet

Selamat Malam! :). Langsung nih dua post sekaligus (iya da ngejar setoran -__-). Oke, untuk postingan yang kedua ini, saya akan menulis tentang internet dan world wide web atau biasa di singkat www (red: triple double you). Apa yang kamu tahu tentang internet?. Pernah mendengar kata www?. Bagaimana internet bisa terubung?. Bagaimana internet bekerja?. Nah, di sini saya akan sedikit membahas poin-poin tersebut, mulai dari definisi hingga bagaimana internet ini bekerja. Selamat membaca :).
Internet bukan lagi hal yang asing bagi kita, sebagian individu bahkan sudah menganggap internet sebagai kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Kita yang setiap harinya menggunakan internet, pasti dapat menjelaskan definisi sendiri mengenai internet. Definisi internet adalah jaringan yang menghubungkan banyak host via protokol, perangkat keras, dan jalur komunikasi. Banyak hal yang bisa dilakukan internet, berikut beberapa yang dapat internet :

1.       Kirim-mengirim pesan melalui social media.
2.       Media hiburan.
3.       Urusan-urusan finansial.
4.       Mendapatkan berita terbaru.
5.       Pembelajaran online.
6.       Jual beli online.
7.       Lelang online.
8.       Mengunduh dan mengunggah data.
9.       Mendapatkan informasi dan penelitian.
10.   Menunjang pekerjaan dll.

Bagaimana internet bisa terhubung?. Internet bisa terhubung menggunakan 3 akses atau saluran. Berikut 3 saluran tersebut :

1.       Narrowband: saluran komunikasi data pita sempit. Modem dial-up dengan bandwith rendah (koneksi internet melalui saluran telepon).
2.       Broadband: saluran komunikasi data pita lebar. Koneksi dengan bandwith cepat, mencakup sejumlah varian koneksi kabel (misal: coaxial dan serat optik), DSL (Digital Subcriber Line), satelit, dan koneksi nirkabel.
3.       Penyedia Akses, penyedia akses ini dibagi ke dalam 3 bagian yaitu :

a.       Penyedia Jasa Internet (ISP; Internet Service Provider).
b.      Jasa Online Komersial adalah perusahaan berbasis keanggotaan yang tidak hanya menyediakan akses internet, tetapi juga konten khusus lainnya (berita, game, data finansial, dll). Cth; AOL dan MSN.
c.       Penyedia Jasa Internet Nirkabel.
Selanjutnya tentang bagaimana internet bekerja, saya akan menuliskan dengan gambar berikut penjelasannya.


Berikut penjelasan dari cara kerja internet :
1.       Point of Presence (POP) – ISP memberikan POP yaitu access point lokal ke internet berupa sekumpulan modem dan peralatan lain pada sebuah area lokal. POP bertindak sebagai gateway lokal ke jaringan ISP.
2.       Network Access Point – ISP terhubung ke NAP, sebuah komputer routing pada satu titik di internet tempat berlangsungnya beberapa koneksi.
3.       Backbone Internet – Jalur transmisi berkecepatan tinggi dan berkapasitas besar yang menggunakan teknologi komunikasi.
Pernah mengunjungi laman web www.youtube.com? Atau www.blabl*.co.id?, itu disebut URL atau Uniform Resource Location. Berikut penjelasan tentang nama komponen yang menyusun URL.


Ada beberapa domain lain yang saya tahu dan jenisnya. Berikut nama-nama domain tersebut :

.com      Commercial (Iklan)
.edu       Educational (Edukasi)
.gov       Government (Pemerintahan)
.int         International Organizations (Organisasi Internasional)
.net        Network (Jaringan)
.id           Indonesia
.uk          United Kingdom (Inggris)
Dari website-website ini ada beberapa jenis halamannya, berikut jenisnya :
·         HTTP (HyperText Transfer Protocol) – merupakan protokol komunikasi yang digunakan untuk mengakses komponen internet yang disebut world wide web. Dokumen hyperteks menggunakan HTML yang menggunakan link hyperteks.
·         HTML (HyperText Markup Language) – sekumpulan perintah khusus (disebut “tag” atau “markup”) yang dipakai untuk menentukan struktur, bentuk, dan link pada dokumen ke dokumen multimedia lain di web.
Selain penjelasan komponen URL, saya akan menjelaskan komponen-komponen yang menyusun e-mail. Berikut penjelasannya :
Ada 2 program untuk membuka email, yaitu program email dan email berbasis web. Perbedaannya adalah program email mengirim dan menerima email dengan cara menjalankan perangkat lunak email pada komputer, sedangkan email berbasis web  mengirim dan menerima email dengan berinteraksi ke sebuah situs web melalui browser. Contoh dari program email seperti Thunderbird, Microsoft outlook Express, Netscape dll. Sedangkan contoh dari email berbasis web seperti gmail, ymail, dll.
Dalam internet pun terdapat istilah-istilah aksi negatif, berikut istilah-istilah tersbut beserta penjelasannya :
·         Snooping: aksi penyadapan dengan mengintip (snoop) email.
·         Spam: email tak diundang atau email sampah.
·         Spoofing: pemalsuan nama pengirim email sehingga terkesan pesan tersebut seolah-olah berasa dari orang yang asli.
·         Phising: mengirim email palsu yang kemudian mengarahkan penerima email untuk berkunjung ke tiruan halaman web sebenarnya, dan semuanya seolah-olah milik organisasi yang sah.
·         Pharming: mengarahkan user (korban) ke halaman web tipuan.
·         Cookies: file teks kecil – misalnya nama login, password, dan preferensi – yang ditinggalkan di harddisk user oleh beberapa situs web yang user kunjungi. Situs web akan mengambil data tersebut ketika user kembali berkunjung kesana.

·         Spyware: perangkat lunak yang merekam aktivitas huruf-huruf yang user ketik, password, alamat email, dan sejarah kunjungan user ke situs web.

No comments:

Post a Comment